Laman

MENU

SELAMAT DATANG DI BLOG............ reffendi31

Senin, 23 Januari 2012

Cara Mensharing Data Ke Dua Buah Laptop Dengan 1 PC

 

Mungkin bagi anda mensharing data melalui pc ke pc atau laptop ke laptop mungkin sudah umum di dengar, tapi di tutorial saya kali ini agak sedikit berbeda, saya akan menjawab tanda tanya kuning di gambar di bawah ini,bagai mana mensharing data dari Komputer pc ke laptop ,sedangkan komputer pc  tidak memiliki wireless melainkan hanya  colokan LAN saja. Nah.. di sinilah saya akan menjawab petanyaannya,  penasarankan? ok angsung saja ke tutorialnya..

Gambar studi kasus:

Langkah 1

Pertama-tama saya akan menyiapkan 4 buah  ip address terlebih dahulu, disini saya memakai  ip address class c:
  •  ip address 192.168.10.1
  • ip address 192.168.10.2
  • ip address 192.168.10.3
  • ip address 192.168.10.4
Pertama saya masukan ip pc dengan:
  •  ip 192.168.10.1
Contohnya Setingan LAN seperti gambar di bawah ini :


Langkah 2

klik properties, kemudian masukan ip address yang telah saya siapkan.

Langkah 3

Setelah memasukan ip pada pc, masukan ip di laptop 1. Caranya sama seperti di atas tapi bedanya hanya ip addressnya di ubah  ip 192.168.10.2. Setelah membuat ip  selanjutnya saya akan membuat wireless di laptop 1. caranya seperti gambar di bawah ini:

Klik add – create an ad hoc network.
Klik next.

Langkah 4

Masukan network name  centang save this network, klik next.
Kemudian klik close.
Nah saya telah berhasil membuat wireless di laptop 1  dengan network name PalComTech.

Langkah 5

Setelah membuat wireless di laptop 2 kita harus memasukan ip wireless nyajuga caranya :
klik adepter properties.
Klik internet protocol version 4 (tcp/ipv4) dan klik properties.

Langkah 6

masukan ip yang kita siapkan tadi yaitu ip 192.168.10.3, kemudian klik ok.

Langkah 7

Selanjutnya saya akan membuat ip wirless juga di laptop 2, caranya sama seperti di atas hanya diganti ip addressnya saja  ip 192.168.10.4, setelah semua laptop dan pc di pasang ip address berarti saya telah membuat alamat semua laptop dan pc. Selanjutnya saya mengkoneksikan wireless di laptop 2 yang telah saya buat di laptop 1 tadi, caranya :
  • Buka laptop 2 dan buka jaringan wirelessnya
  • Cari wireless yang kita bua di laptop 1 tadi  dan klik connect

Langkah 8

Setelah klik connect saya akan membuat jembtan di laptop 1 untuk menghubungkan lan dengan wireless  caranya:
  • klik local area connection tekan ctrl
  • klik wireless network connection – klik kanan pilih bridge connections.

Langkah 8

Setelah membuat jembatan penghubung land  dann wireless selanjutnya saya akan ping semua pc dan laptop caranya:
dari komputer pc  buka command prompt kemudian ketik ping 192.168.10.2

Langkah 9

Kemudian ping  wireless laptop 1, ping 192.168.10.3



Langkah 10

Kemudian ping  wireless laptop 2, ping 192.168.10.4

Kemudian ping laptop 2 ke pc.

Langkah 11

Setelah semua laptop dan pc di ping kemudian sharing  data, caranya seperti gambar di bawah ini :



Kemudian buka sharingan  di laptop 2.

Sharing data dari laptop 2 ke computer pc.

Selesai, akhirnya tanda tanya kuning diatas tadi telah terjawab ,dan sekarang saya bisa sharing data .Sekian dan terimakasi semoga tutorial yang saya buat bermanfaat bagi teman-teman,kurang atau lebihnya saya minta maaf,sekian dan terimakasih.
Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar